Membuat Bakso Ayam Lezat dan Sehat

Siapa yang tidak menyukai bakso, jajanan yang satu ini merupakan kegemaran semua kalangan dari anak sampai dewasa, terutama para wanita. Wanita baik itu sudah menjadi ibu-ibu maupu yang masih gadis selalu menyempatkan diri untuk mencicipi jajanan yang satu ini dari tempat ke tempat, bahkan jajanan yang satu ini seolah menjadi wisata kuliner tersendiri bagi kaum hawa. Akan tetapi banyaknya produsen yang terkadang curang dan tidak mementingkan kesehatan khalayak ramai sering kali menjadi dilema tersendiri bagi pecinta bakso. Mungkin kita tak asing lagi dengar kabar banyaknya bakso berformalin, berbahan pengawet atau bahkan berbahan dasar daging tikus, daging celeng maupun daging-daging lain yang haram di konsumsi bagi kaum muslim.


Entah hanya sebatas kabar burung ataupun kenyataan, namun berita tersebut tentunya sangat meresahkan apalagi bagi anda pecinta bakso.
Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, sebenarnya anda bisa membuat sendiri bakso kesukaan anda di rumah menjadi menu makanan sehat yang baik di konsumsi ileh anda dan keluarga. Tentunya anda tahu bahwa apapun yang berasal dari rumah tentu anda dapat memastikan dan menjamin kebersihan serta kehigienisannya. Berbeda dengan makanan dari luar. Berikut cara membuat bakso ayam sehat yang enak dan leza.

Bahan :
- 250 gr daging ayam yang telah digiling (anda pun bisa menggantinya dengan daging ikan, daging sapi, ataupun bahan lainnya sesuai selera)
- 1 sdm garam
- 2 siung bawang putih yang telah dikupas dan diiris tipis
- 1/2 sdm merica
- 50 gr tepung sagu
- 1 butir telur ayam

Cara membuat :

- ambil wadah yang tidak terlalu besar kemudian masukkan daging ayam yang telah digiling, tambahkan garam, merika, bawang putih, dan telur ayam yang telah dikocok lepas. Kemudian uleni semua bahan tersebut samapai merata.

- tambahkan tepung sagu ke dalam adonan sebelumnya, setelah itu uleni kembali sampai merata dan kalis.
- siapkan panci berukuran sedang, tambahkan air secukupnya kemudian masak di atas api yang sedang.
- ambil 1 sendok adonan tadi kemudian bulatkan dan masukkan ke panci yang telah dipanaskanntadi. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis.
- setelah bakso matang, tiriskan. Dan bakso ayam sehat pun siap disajikan, anda bisa kemudian mengkreasikan bakso tersebut dengan masakan yang bervariasi. Misalnya anda bisa membuat capcay bakso, sup bakso, ataupun bakso kuah.

Popular Posts