Ketahui dulu Pengertian Asuransi Kebakaran Sebelum Menggunakannya

Asuransi kebakaran yaitu perjanjian yang telah disetujui oleh kedua belah pihak, yang mana diatara keduanya itu memiliki tanggung jawab masing-masing. Yang dimaksud kedua belah pihak tersebut yaitu antara tertanggung dan penanggung. Tertanggung adalah orang yang menerima ganti rugi jika terjadi kemungkinan resiko kebakaran terhadap harta bendanya. Sedangkan penanggung yaitu pihak yang berkewajiban menganti rugi segala kerusakan yang diakibatkan oleh kebakaran pada teratanggung, tentunya setelah kesepakatan disetujui oleh kedua belah pihak.

Benda yang dapat diasuransikan berupa benda mati seperti bangunan rumah, pabrik atau tempat usaha lainnya. Selain itu jika kebakaran mengakibatkan kerusakan aset yang dimiliki oleh tetangga kita, maka itu juga bisa dimasukan ke dalam polis asuransi ini selama resiko tersebut diakibatkan murni karena unsur ketidak sengajaan.

Ketahui dulu Pengertian Asuransi Kebakaran Sebelum Menggunakannya

Harga premi yang harus dibayarkan oleh tertanggung disesuaikan dengan tingkat perlindungan yang dibutuhkan. Begitu pun ketika pengajuan klaim, maka akan diberikan penanggulangan sesuai dengan jumlah premi yang dibayarkan atau benda yang dijaminkan. Kecil atau besarnya klaim yang diambil juga disesuaikan dengan seberapa besar anda membayar premi, semakin besar premi yang dibayarkan maka perlindungannya pun akan semakin luas.

Penanggung mempunyai hak untuk menolak klaim yang diajukan jika terjadi hal-hal yang melanggar peraturan, seperti tidak disiplin melaksanakan kewajiban membayar premi secara rutin. Atau juga bisa pembayaran tidak dilakukan sampai jatuh tempo. Maka jia hal tersebut terjadi, pihak penanggung berhak menolak klaim yang diajukan oleh tertanggung. Selain itu jika penanggung berhasil membuktika bahwasannya kebakaran yang terjadi diakibatkan karena kelalaian dari tertanggung, maka klaim yang diajukan juga memungkinkan untuk ditolak.

Jika tiba-tiba pihak dari perusahaan yang bertugas sebagai penanggung menaikan jumlah premi yang harus dibayar, anda jangan kaget karena itu mungkin saja terjadi jika kerusakan akibat kebaran cukup parah. Pilihan lainnya jika tidak menaikan premi tersebut yaitu dengan memutuskan kerjasama. Memang keputusan ini bisa dibilang keputusan yang kurang adil, tapi jika dilihat dari kondisinya cukup wajar karena biaya yang timbul memang melebihi dari premi yang biasanya dibayarkan. Inilah pentingnya mengetahi pengertian dari asuransi kebakaran, untuk lebih meyakinkan bahwasannya perlindungan yang diberikan sangat penting untuk aset kita yang berharga.

Comments

Popular Posts