Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Motor Bekas

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Motor Bekas
Mempunyai sebuah sepeda motor sepertinya sudah menjadi suatu kewajiban untuk kita. Sebab dengan adanya alat transportasi tersebut setidaknya sangat membantu kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari yang mengharuskan kita melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memiliki alat transportasi ini yaitu dengan membeli secara cash atau melalui proses kredit di beberapa leasing yang ada saat ini. 

Jika keuangan kita tidak mencukupi untuk membeli kendaraan yang baru, maka mau tidak mau untuk memiliki motor impian tersebut berarti kita harus mendapatkannya dengan cara mencicil/kredit. Tapi bagi sebagian orang cara ini justru paling dihindari, sebab mengajukan sebuah kredit kendaraan tersebut sepintas memang meringankan, tapi kalau dihitung secara matematis justru cara ini sangat merugikan.
Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Motor Bekas
Kita bisa coba jumlahkan besaran uang DP dengan jumlah cicilan selama 5 tahun, tentu hasilnya hampir dua kali lipat dari harga motor tersebut.

Salah satu jalan terakhir untuk mendapatkan sebuah kendaraan roda dua ini dengan harga terjangkau yaitu dengan cara membeli motor bekas. Banyak sekali tempat yang menawarkan jasa penjualan kendaraan bekas ini. Kita bisa dengan mudah mendapatkannya di pinggiran jalan, di beberapa showroom atau di beberapa toko online yang ada saat ini. 

Untuk mendapatkan kendaraan bekas tapi berkualitas ada baiknya kita memperhatikan beberapa hal berikut ini :

Cek nomor rangka mesin
Jika kita sudah menemukan jenis kendaraan yang cocok baik itu harga, merk, tipe serta tahun pembuatannya, jangan dulu melakukan proses pembayaran sebelum kita memeriksa kelengkapannya dengan teliti mulai dari mencocokan nomor rangka mesin dengan yang tertera di STNK dan BPKB. Pastikan nomornya sesuai dan tidak terlihat ada indikasi belum pernah dirubah oleh pemilik sebelumnya.

Cek fisik
Setelah memastikan nomor rangka sesuai dengan yang ada pada surat-surat penting, langkah selanjutnya yaitu lakukan cek fisik yang meliputi body kendaraan, spion, knalpot, rem, kelistrikan dan sebagainya. Pastikan semua bagian kendaraan tersebut berfungsi dengan normal, sekaligus tanyakan apakah masih ada sparepart yang masih original atau tidak.

Cek oli
Langkah selanjutnya yaitu cek kondisi oli pada kendaraan tersebut. Usahakan kita membuka dan melihat atau mengukur oli motor yang ada didalam mesin. Harus dipastikan ukuran oli tidak berlebihan, karena hal tersebut membuat suara mesin manjadi halus sehingga kita tidak tahu suara mesin yang sesungguhnya itu apa memang halus atau kasar/berisik.

Hidupkan mesin
Selanjutnya hidupkan mesin kendaraan tersebut, disini kita akan mengetahui kondisi mesin dari motor yang akan kita beli. Dari suara mesin yang keluar kita akan mengetahui apakah kendaraan ini layak untuk dipakai sehari-hari atau tidak.

Demikianlah info terkait beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum membeli sebuah kendaraan bekas.

Comments

Popular Posts