Permainan Olahraga Tradisional Yang Harus Dijaga Dan Dilestarikan

permainan olahraga tradisional
Sebagai negara besar dan sarat dengan budaya yang luhur, maka Indonesia sangat pantas memiliki beragam budaya nusantara yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu bentuk budaya Indonesia yang hrus kita jaga dan kita lestarikan adalah mengenai berbagai jenis permainan olahraga tradisional. 

Mengapa permainan tradisional tersebut harus kita jaga dan kita lestarikan ? Ya, mengingat bahwa permainan olahraga tradisional tersebut merupakan sebuah warisan nenek moyang kita yang memiliki nikai luhur. Terbukti, bahwa hampir seluruh jenis olahraga modern yang saat ini ada, semuanya bersumber atau meniru dari jenis permainan olahraga tradisional yang pernah ada di Indonesia. 

Itulah alasan mengapa permainan olahraga tradisional tersebut harus senantiasa kita jaga dan kita lestarikan. Sangat banyak sebetulnya jenis permainan olahraga tradisional yang dimiliki oleh Indonesia, namun tidak semua jenis olahraga tradisional tersebut bisa kita ingat. 

Hal tersebut karena keterbatasan kemampuan kita dalam mengumpulkan seluruh jenis permainan olahraga tradisional yang ada di bumi nusantara kita tercinta ini. Namun, jika anda ingin mengetahuinya, anda bisa mengunjungi website Sahabat Nestle yang banyak mengulas tentang berbagai permainan olahraga tradisional yang ada di Indonesia

Ada beberapa jenis permainan olahraga tradisional Indonesia yang saat ini keberadaannya harus dijaga dan dilestarikan dengan sungguh – sungguh oleh seluruh elemen bangsa. Permainan olahraga tradisional tersebut diantaranya sebagai berikut :
  • Kasti. Kasti atau Gebokan merupakan sejenis olahraga bola seperti halnya olahraga softball atau baseball. Permainan yang dilakukan 2 kelompok ini menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu untuk disusun. Siapapun yang berhasil menumpuk batu tersebut dengan cepat tanpa terkena pukulan bola adalah kelompok yang memenangkan permainan.
  • Permainan yoyo. Yo-yo adalah suatu permainan yang tersusun dari dua cakram berukuran sama (biasanya terbuat dari plastik, kayu, atau logam) yang dihubungkan dengan suatu sumbu, di mana tergulung tali yang digunakan. Satu ujung tali terikat pada sumbu, sedangkan satu ujung lainnya bebas dan biasanya diberi kaitan. Permainan yo-yo adalah salah satu permainan yang populer di banyak bagian dunia.
  • Balap Karung. Balap karung adalah salah satu permainan olahraga tradisional yang populer pada hari kemerdekaan Indonesia. Sejumlah peserta diwajibkan memasukkan bagian bawah badannya ke dalam karung kemudian berlomba sampai ke garis akhir.

Comments

Popular Posts