Beragam Manfaat Buah-Buahan Untuk Kesehatan Tubuh


Seberapa rutinkah Anda bisa mengonsumsi buah-buahan? Mengonsumsi buah faktanya punya segudang manfaat buat tubuh agar tetap sehat. Pasalnya, buah merupakan salah satu sumber vitamin dan juga mineral yang sangat penting sekali untuk fungsi tubuh. Buah juga mengandung serat yang sangat kaya, sehingga bisa melancarkan proses pencernaan. 

Nah, salah satu buah-buahan untuk kesehatan yang rekomended adalah yang memiliki kandungan lemak dan sodium yang rendah. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sedangkan kandungan potasium di dalam buah bagus untuk menjaga tekanan darah. Berikut adalah beberapa manfaat lainnya: 

1. Menambah Energi 

Ketika Anda mengonsumsi buah, tentu saja suplai energi Anda bisa meningkat dengan cepat. Tambahan tenaga ini merupakan salah satu hal yang sangat penting. Maka oleh karenanya, atlet sering terlihat mengonsumsi buah, sebelum, saat jeda, dan juga setelah berlatih atau bertanding. 

2. Menjaga Kesehatan Jantung 


Buah-buahan seperti aprikot, apel, pisang, berry, jeruk bali, dan jeruk, sangat baik untuk melindungi jantung karena kaya akan kandungan flavonoids, caretonoids, serat, potasium, dan magnesium. Buah juga mengandung vitamin A, B6, C, E, K, dan asam folat yang mampu mengontrol kadar kolesterol serta mencegah penyakit yang berkaitan dengan jantung serta stroke. 

3. Mencegah Diabetes 


Diabetes tipe 2 adalah masalah utama yang dihadapi dunia. Meski buah pada faktanya menyehatkan buat semua orang, ada beberapa jenis yang mengandung karbohidrat berlebih yang tidak aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Buah-buahan seperti apel, alpukat, ceri, pisang, dan jeruk masih bisa dikonsumsi karena memiliki indeks glikemik yang rendah, yakni kurang dari 55 sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. 

4. Mencegah Kanker 


Buah-buahan yang kaya akan vitamin sangat baik untuk mencegah serta merawat berbagai tipe kanker seperti kanker hati dan payudara. Sirsak, goji berry, dan jeruk, sangat cocok untuk penderita kanker. Ketika dikonsumsi secara teratur, buah-buahan memiliki kemampuan untuk menunjukkan sifat hepatoprotektif yang membantu mengusir kanker. 

5. Menyehatkan Batu Ginjal 


Buah-buahan yang kaya akan vitamin C dapat membantu merawat kesehatan batu ginjal. Berbagai jenis jeruk dan lemon sangat baik untuk menurunkan risiko terkena batu ginjal. Buah yang kaya sodium juga bisa membantu Anda yang menderita akibat penyakit satu ini.

No comments

Post a Comment