Cara Membedakan Berlian Asli Dengan Palsu

Cara Membedakan Berlian Asli Dengan Palsu
Perhiasan berlian asli
Berlian merupakan salah satu jenis batu mulia yang sangat bernilai tinggi. Benda tersebut hanya bisa dimiliki oleh segelintir orang. Dengan minat yang banyak serta keinginan semua orang yang ingin memiliki sebuah berlian, pada saat ini banyak sekali tersebar berbagai macam benda yang menyerupai berlian. Untuk membedakan perhiasan berlian asli biasanya kita harus berkonsultasi langsung kepada ahlinya di sebuah toko perhiasan. 

Akan tetapi dengan beberapa macam hal yang sederhana kita bisa membedakan sendiri berlian asli dan imitasi. Cara pertama untuk membedakan perhiasan berlian asli dengan imitasi adalah dengan menggunakan tes embun. Untuk melakukan tes tersebut kita bisa melakukan hal yang sederhana salah satunya adalah dengan menghembuskan nafas pada berlian tersebut. Berlian asli mampu mendispersikan panas sehingga tidak akan mudah berembun. Untuk lebih akuratnya kita bisa menyandingkan berlian asli dengan berlian imitasi dan melakukan percobaan tersebut. 

Berlian asli tidak akan mudah berembun jika dibandingkan dengan benda imitasi. Langkah yang kedua yang bisa dilakukan untuk menguji keaslian sebuah berlian adalah dengan mencermati cara pemasangan berlian tersebut. Berlian asli akan terpasang langsung pada logam mulia yang telah memiliki sertifikat. Salah satu tanda dari sebuah berlian imitasi adalah adanya tanda “cubic Zirconia” yang merupakan tanda dari sejenis berlian sintetis.

Perhiasan berlian asli

Langkah sederhana selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menguji perhiasan berlian asli dengan imitasi adalah dengan memasukan nya ke dalam air. Kerapatan yang sangat tinggi dari berlian akan menjadikan benda tersebut tenggelam ketika berada di dalam air. Hal tersebut akan berlaku sebaliknya pada berlian sintetis yang berasal dari bahan-bahan tertentu yang akan menjadikan berlian tersebut mengapung atau mengambang ketika dimasukkan ke dalam air. 

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menguji keaslian dari berlian adalah dengan memanaskan batu tersebut dengan rentan waktu tertentu kemudian langsung masukan ke dalam air. Perubahan suhu yang cukup ekstrim akan membuat berlian palsu menjadi pecah atau rusak hal tersebut tidak akan berlaku pada berlian asli yang mampu bertahan dalam berbagai macam kondisi maupun perubahan suhu yang cukup drastis.

No comments

Post a Comment