Generasi Millennial Generasi GPN

Gerbang pembayaran nasional
Generasi millennial tentu tidak asing dengan alat pembayaran non tunai. Alat pembayaran non tunai ini dianggap sebagai alat pembayaran yang praktis dan dapat dibawa kemana-mana. Generasi saat ini juga banyak menggunakan alat pembayaran non tunai untuk melakukan transaksi online, seiring dengan pesatnya barang-barang yang dipasarkan secara online. Alat pembayaran non tunai tersebut ada dalam bentuk debit, kartu kredit dan kartu e-money. 

Perkembangan yang serba praktis dan minimalis membuat pemerintah meningkatkan kualitas pelayanan kartu elektronik. Salah satunya dengan mengeluarkan logo keamanan GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) berlambang burung garuda pada kartu pembayaran non tunai yang menunjang transaksi bagi generasi saat ini. 

Namun, sebagai generasi penerus bangsa kita harus mengetahui apa itu GPN dan apa manfaat dari GPN itu sendiri. GPN tersebut merupakan pemrosesan transaksi yang dapat digunakan pada kartu debit, kartu kredit dan e-money yang dilakukan dan di kontrol oleh Indonesia. GPN ini diluncurkan oleh Bank Indonesia pada Juli 2018 di seluruh wilayah indonesia. 
Gerbang pembayaran nasional
GPN merupakan upaya dari Bank Indonesia untuk menjaga kedaulutan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena sebelum menggunakan GPN proses transaksi non tunai yang kita lakukan melalui system jasa pembayaran asing yaitu mastercard, visa, dan union pay. Dengan adanya GPN saat ini kita dapat mengurangi pengeluaran uang negara. 

Manfaat Utama Penggunaan GPN

Kemudian apa manfaat menggunakan gerbang pembayaran nasional (GPN)? Untuk dapat mendukung perkembangan GPN maka kita harus tahu dulu apa manfaat yang dapat kita rasakan apabila kita menggunakan GPN. 

Kartu elektronik yang sudah berlogo GPN memiliki standar keamanan yang sudah terstandarisasi. Selain itu karena kartu ini dikelola oleh Indonesia sendiri, maka data nasabah dijamin lebih aman juga. Hal ini menjadi solusi aman bagi kamu yang sering bertransaksi. Selain untuk nasabah, kartu dengan logo burung garuda ini secara otomatis juga menghemat biaya operasional perbankan.

Lebih hemat dalam bertransaksi, hal tersebut dikarenakan biaya administrasi yang berkurang karena transaksi dilakukan di domestik sehingga lebih efisien. Dan apabila kartu ATM telah berlogo GPN kita tidak perlu lagi memiliki banyak kartu sehingga tagihan bulanan juga lebih hemat. Satu kartu berlogo GPN sudah bisa digunakan transaksi di mesin ATM manapun. 

Dengan menggunakan GPN, maka bisa bertransaksi di semua ATM dan mesin EDC. Hal tersebut dikarenakan GPN telah terinterkoneksi dan terintrobiliti oleh 4 perusahaan sekaligus sehingga dapat menghubungkan seluruh ATM manapun.

Dengan menggunakan kartu berlogo GPN kita tidak perlu bawa uang tunai kemana mana sehingga lebih praktis. Misalnya saat kita belanja ataupun makan di suatu tempat dengan mesin EDC berbeda maka kita tetap dapat bertransaksi karena kartu dengan logo GPN dapat digesek pada mesin EDC manapun.

Gerbang pembayaran nasional atau GPN merupakan solusi bertransaksi pada generasi masa kini.Banyak manfaat yang telah dipaparkan di atas. Apalagi melihat saat ini banyak transaksi non tunai yang dilakukan pada semua kalangan. Penukaran kartu elektronik berlogo GPN sendiri sudah digencarkan oleh Bank Indonesia sejak 2017 dan secara nasional resmi diluncurkan pada 2018. 

Sehingga apabila di penghujung 2019 ini kartu elektronik belum berlogo GPN jangan mengaku orang Indonesia. Mari kita dukung produk dalam negeri. Segera tukarkan kartu elektronik dengan GPN sebagai rasa cinta tanah air. Generasi keren, generasi GPN!

No comments

Post a Comment