Alternatif Logam Mulia Sebagai Cincin Nikah

Menikah merupakan momen yang sakral bagi setiap orang. Setiap orang selalu berharap untuk menikah sekali seumur hidup. Namun, selalu ada tantangan dan rintangan yang harus dihadapi. Akan ada ikatan batin tersendiri jika mereka saling menyayangi dengan begitu dalamnya. Akan jauh lebih baik jika menikah sah secara agama dan negara. Sehingga hubungan tersebut tidak menimbulkan dosa dan tercatat secara sah di administrasi negara.

Biasanya pasangan yang telah sah menikah akan menggunakan cincin nikah di jari manis sebelah kanan. Hal itu dimaksudkan untuk menunjukan status yang ia miliki. Bahan yang digunakan dalam cincin nikah sendiri ini cukup beragam. Namun, pada umumnya ada 7 jenis, berikut daftarnya.

Emas

Bahan ini sangat umum digunakan dan mudah untuk dicari. Nilai yang dimiliki juga tidak akan turun. Emas yang digunakan bisa dengan emas putih ataupun emas kuning. Bentuknya juga dapat disesuaikan dengan keinginan pembeli. Dan nilai estetika dan pancaran kilauan yang dimiliki Juga khas dan syarat akan makna.

Platinum

Karena laki-laki tidak diperbolehkan menggunakan perhiasan emas yang tidak murni, mungkin hal ini dapat dijadikan alternatif yang tepat. Logam putih ini memiliki nilai yang hampir sama dengan emas. Kelebihan yang dimiliki adalah tidak mudah korosi dan aman bagi kulit.

Perak

Perak memiliki tekstur yang halus, mudah dibentuk, dan memiliki harga yang murah. Sayangnya logam jenis ini mudah tergores dan warnanya cepat memudar. Harga pasaran cincin ini per gramnya hanya puluhan ribu rupiah. Jika warnanya hilang, kini juga telah banyak jasa perbaikan cincin untuk mengembalikan warna asli, sehingga tidak perlu kuatir.

Tungsten karbida

Meski memiliki nama yang asing. Logam ini memiliki titik lebur yang tinggi sehingga harus dipotong dengan menggunakan laser, sehingga susah untuk tergores. Cincin ini memiliki harga terjangkau dan mampu bertahan lama. Perlu diketahui juga jika Tungsten karbida termasuk kategori logam berat.

Titanium

Cincin dengan bahan ini mampu memiliki daya tahan yang kuat, menarik, dan harganya murah. Namun sangat disayangkan karena dapat menimbulkan iritasi di kulit jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Perlu diketahui juga jika titanium tidak termasuk dalam daftar logam mulia. Sehingga tidak dapat dijual kembali.

Zirconium hitam

Sifat yang dimiliki logam ini sama dengan titanium. Namun, lebih tahan terhadap goresan dan korosi. Cincin kawin dengan bahan dasar ini sekarang tengah menjadi tren bagi masyarakat luas. 

Palladium

Jika anda menginginkan cincin yang hampir mirip dengan emas dan platinum namun memiliki harga yang lebih rendah Palladium adalah jawabannya. Palladium merupakan jenis logam langka yang memiliki cukup banyak kelebihan mulai dari warna tidak mudah pudar, warna menarik, ringan , tidak menyebabkan korosi, dan tidak menimbulkan alergi. Namun, jenis ini cukup susah dicari untuk saat ini. Untuk itu, jika menginginkannya bisa melakukan pemesanan secara khusus.

Bahan lingkar cincin tersebut bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya. Namun, akan lebih spesial jika terdapat sentuhan berlian sebagai hiasan batu pancaran cantik di cincin. Jika anda menginginkan model seperti itu dapat membelinya di http://mondialjeweler.com yang merupakan penjual perhiasan ternama dengan kualitas eksklusif. Untuk ukurannya bisa disesuaikan dengan lingkar jari anda, sehingga bisa aman untuk digunakan dalam keseharian. 

Serta jangan lupa untuk mengusahakan jika cincin nikah yang digunakan memiliki makna mendalam untuk mengikat kedua belah pihak untuk saling mendukung, melengkapi, dan berbagai. Sehingga dapat mengatasi bersama setiap rintangan yang datang.


No comments

Post a Comment