Cara Mengatasi Ruam Anak Dengan Penanganan Tepat

Seiring perkembangan usia anak bagi orang tua tentunya menginginkan perkembangan yang normal tanpa gangguan penyakit dan yang lainnya. Akan tetapi untuk masa ini daya imunitas anak belum berkembang maksimal sehingga masalah kesehatan sering mengganggu perkembangannya. Salah satu masalah yang sering dialami yaitu adanya ruam merah yang menyebabkan anak merasa tidak nyaman karena rasa gatal yang ditimbulkan. Ruam anak ini sering terjadi pada berbagai bagian tubuh anak seperti wajah, bokong, dan bagian tubuh lainnya. 

Masalah ruam anak dengan timbulnya bercak merah pada bagian tubuh anak ini sering kali disebut dengan dermatitis atopik atau sering juga disebut dengan eksim susu. Adanya gejala ruam ini dapat dilihat dengan timbulnya tanda kemerahan pada kulit yang membuat rasa gatal. Adanya ruam ini juga menyebabkan rasa tidak nyaman pada anak sehingga membuat anak menjadi sering rewel.

Anak yang mengalami ruam ini bisa disebabkan karena berbagai hal, namun yang paling sering yaitu dari makanan berupa susu sapi, makanan laut, kacang-kacangan, dan juga telur. Walaupun begitu jika dari makanan ini belum terbukti menjadi penyebabnya sebaiknya tidak melakukan pantangan karena berbagai nutrisi yang dikandungnya baik untuk tubuh anak. 

Ruam yang terjadi pada anak biasanya juga tidak sampai dewasa karena sering muncul pada usia satu tahun sampai maksimal lima tahun. Walau begitu kemungkinan adanya yang terbawa sampai dewasa juga masih ada. Selain dari faktor makanan bagi anak yang orang tuanya memiliki riwayat alergi juga lebih beresiko mengalami dermatitis atopik atau ruam susu dibandingkan yang tanpa adanya riwayat alergi. 

Penanganan yang Dapat Dilakukan

Ketika anak mengalami ruam sebagai orang tua sebaiknya jangan panik, karena ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dermatitis atopik dengan cara yang tepat seperti berikut.

Ruam yang  sudah terjadi pada anak dapat diredakan rasa gatalnya dengan menggunakan kompres dingin. Selain itu juga bisa dengan mengoleskan bedak kocak yang mengandung kalamin. Efek dari bedak ini memberikan rasa dingin pada kulit sehingga bisa meredakan rasa gatal yang ditimbulkan.

Sebagai pencegahan dapat dilakukan dengan menjauhkan berbagai benda yang beresiko membuat anak alergi, seperti sabun keras yang mengandung antiseptik dan parfum. Sebagai penggantinya gunakan sabun yang mengandung pelembab dan lembut sehingga lebih aman untuk kulit anak. 

Gunakan air hangat saat mandi anak jika anak tidak suka dengan air dingin, selain itu gunakan juga pelembab setelah mandi yang tidak mengandung pewangi dan pewarna. Untuk pakaian yang digunakan pilihkan pakaian yang memiliki bahan lembut dan menyerap keringat seperti katun, dan hindari bahan kain yang kasar.

Untuk kulit anak yang sensitif saat mencuci pakaian anak sebaiknya dipisahkan dengan pakaian orang dewasa. Dalam penggunaan detergennya pun gunakan yang memang khusus untuk anak. Hindari penggunaan detergen yang mengandung pewangi atau pelembut karena bisa beresiko menimbulkan ruam anak.

Hindari juga konsumsi berbagai makanan yang bisa menyebabkan timbulnya ruam. Jika anda kurang begitu yakin dengan jenis makanannya bisa dilakukan pemeriksaan langsung kepada dokter untuk memastikannya.

Konsultasikan segera dengan dokter untuk masalah dermatitis apotik yang terus terjadi berhari-hari. Biasanya secara normal masalah ruam anak akan hilang pada dua atau tiga hari, akan tetapi jika terus ada bahkan bertambah parah sebaiknya langsung saja konsultasikan dengan dokter untuk penanganan selanjutnya. 


No comments

Post a Comment