5 Tahapan Tekstur Makanan Bayi Berdasarkan Usia

 



Tekstur makanan merupakan salah satu kriteria yang perlu diperhatikan saat menyiapkan MPASI untuk Si Kecil. Pasalnya Si Kecil memiliki kesiapan yang berbeda dalam mendapatkan tekstur makanan. Biasanya kesiapan Si Kecil mendapatkan tekstur makanan tertentu disesuaikan dengan usianya. Bayi dengan usia yang lebih tinggi bisa mendapatkan tekstur yang lebih kasar. Agar Anda lebih paham, berikut ini 5 tahapan tekstur makanan bayi berdasarkan usianya:


Bayi Usia 6 Bulan

Bayi usia 6 bulan biasanya baru mulai mengenal makanan padat setelah mendapatkan ASI secara eksklusif. ASI sendiri memiliki tekstur yang cair sehingga anak juga membutuhkan tekstur MPASI yang semi cair namun bukan seperti air. Tujuannya agar Si Kecil tidak tersedak karena belum terbiasa mendapatkan makanan padat.


Bayi Usia 7-8 Bulan

Ketika beranjak ke 7 bulan, tekstur makanan Si Kecil mulai bisa naik. Anda sudah bisa memberikan makanan tanpa perlu disaring. Selain itu, Anda juga tidak perlu memblender makanan terlalu halus dan lembut.


Bayi Usia 9-10 Bulan

Tekstur makanan bayi akan dinaikkan ketika usia Si Kecil 9 bulan. Pada usia ini, Anda sudah bisa memperkenalkan makanan yang tidak diblender. Mungkin Si Kecil akan kesulitan di awal, namun jangan pernah menyerah. Berikan secara perlahan agar mereka terbiasa dengan tekstur lebih kasar.


Bayi Usia 11 Bulan

Bayi usia 11 bulan sudah bisa mencoba makanan yang lebih kasar tanpa perlu disaring misalnya seperti nasi tim. Makanan berupa nasi tim bisa membantu Si Kecil untuk mengenal nasi sebagai makanan utamanya nanti.


Bayi Usia 12 Bulan

Tahapan terakhir adalah usia 12 bulan atau satu tahun. Ketika memasuki usia 1 tahun, Si Kecil sudah bisa mendapatkan makanan biasa. Anda bisa memberikan makanan yang sama dengan makanan keluarga.





Itulah 5 tahapan tekstur makanan bayi berdasarkan usia. Pada tahapan awal, Anda bisa memberikan Nestle Cerelac Bubur Sereal dan Bubur Sereal Susu. Teksturnya sangat lembut dan halus, cocok untuk bayi yang baru mendapatkan MPASI pertama. Sedangkan tekstur untuk bayi yang belajar mengunyah yaitu Nestle Cerelac Homestyle Meals. Lebih lengkap dan jelasnya mengenai produk-produk Nestle Cerelac dapat Anda lihat di www.cerelac.co.id. 


No comments

Post a Comment