Alasan Desain Ruang Tamu Bergaya Vintage Masih Populer

Vintage merupakan gaya interior yang sudah ada sejak tahun 1950-an. Oleh sebab itu, gaya ini lebih kental dengan nuansa jadul atau zaman dulu. Penggunaan barang-barang antik dengan motif penuh warna juga menambah kesan jadul pada ruang tamu sebuah hunian. Meskipun menampilkan kesan jadul pada hunian Anda, namun desain ruang tamu bergaya vintage masih menjadi salah satu gaya yang paling diminati hingga kini. Ada beberapa alasan yang membuat gaya vintage masih begitu diminati, di antaranya yaitu:

Menawarkan Suasana Nostalgia

Salah satu alasan mengapa gaya vintage masih saja digemari hingga kini yaitu karena gaya ini menawarkan suasana nostalgia yang sangat kental. Beberapa orang terkadang ingin merasakan suasana zaman dulu yang nyaman dan tenang. Oleh sebab itu, mereka memutuskan untuk mengusung konsep vintage dalam huniannya.

Cocok untuk Pencinta Gaya Antik

Elemen dekorasi yang digunakan pada desain interior bergaya vintage adalah elemen dekorasi jadul dan tampak kuno. Contohnya yaitu telepon jadul, televisi tabung zaman dulu, kota musik, pemutar piringan hitam, buku lama, vas bunga antik, dan lain sebagainya. 

Elemen dekorasi dari ruang tamu vintage tersebut sangat cocok untuk penggemar gaya antik. Dibandingkan hanya disimpan dalam gudang, biarkan barang-barang antik tersebut dinikmati semua orang di ruang tamu.

Bisa Dipadukan dengan Gaya Lain

Alasan desain ruang tamu bergaya vintage masih disukai selanjutnya yaitu karena bisa dipadukan dengan gaya lain. Anda bisa memadukan gaya vintage dengan gaya industrial, minimalis, rustic, retro, ataupun modern. Perpaduan dua gaya dalam satu ruangan mampu menghasilkan tampilan yang lebih menarik.

Memberikan Tampilan Natural

Kayu merupakan salah satu elemen paling penting pada interior bergaya vintage. Semua hunian bergaya vintage pasti menggunakan elemen kayu entah itu pada bagian lantai, kursi, atap, dekorasi, dan lain sebagainya. Selain memberikan kesan jadul, kayu juga membuat ruangan tampak lebih natural. Biasanya furniture dari kayu dibiarkan setengah jadi, misalnya banyak goresan, tidak halus, berserat, terdapat retakan, dan lain-lain.

Membuat Ruangan Tenang dan Nyaman

Desain bergaya vintage menggunakan warna yang ringan seperti krem, abu-abu, putih, atau kuning gading. Palet warna yang ringat tersebut membuat ruang tamu terasa nyaman dan menenangkan. Agar ruangan tidak terlalu kaku, Anda bisa menambahkan warna pastel seperti biru muda, hijau muda, pink muda, atau ungu muda pada beberapa dekorasi.

Tidak Lekang Oleh Waktu

Gaya vintage sudah ada sejak lama dan masih bertahan hingga saat ini. Itu artinya gaya ini merupakan salah satu gaya interior yang tidak lekang oleh waktu. Bahkan banyak tempat-tempat modern seperti kafe dan restoran yang mengusung gaya vintage ini.

Cocok Untuk yang Hobi Desain Sendiri

Gaya vintage sangat cocok untuk orang-orang yang hobi mendesain sendiri atau DIY (Do It Yourself). Pasalnya elemen dekorasi yang digunakan memiliki kesan jadul yang mana dibuat sendiri oleh orang-orang zaman dulu. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan barang lama sebagai elemen dekorasi dengan melakukan sedikit reparasi atau perbaikan agar terlihat lebih estetik.

Itulah beberapa alasan mengapa desain ruang tamu bergaya vintage masih digemari oleh banyak orang. Jika membutuhkan inspirasi lainnya seputar gaya vintage, Anda bisa mendapatkannya di Masterumah.id. Masterumah.id sendiri adalah sebuah ruang inspirasi yang dihadirkan oleh Semen Tiga Roda. Melalui platform online ini, Anda bisa berbagi inspirasi dengan pengguna lainnya. 

Selain itu, masih banyak fitur lain yang bisa Anda gunakan mulai dari bertanya pada Master dengan fitur Tanya Master, mencari vendor dengan fitur Cari Vendor, menghitung anggaran biaya dengan fitur Estimasi Biaya, dan lain sebagainya. Sudah penasaran dengan Masterumah.id? langsung saja kunjungi website-nya di alamat www.masterumah.id. 


No comments

Post a Comment