Tips Mengoptimalkan Perkembangan Fisik Anak Usia 1-2 Tahun

Perkembangan fisik motorik bisa membantu Si Kecil mengembangkan kemampuan eksplorasi dan interaksi. Perkembangan ini berjalan sejak Si Kecil lahir hingga mereka dewasa. Pada usia 1-2 tahun, anak mengalami perkembangan fisik yang pesat. Otot tubuh mereka bertambah kuat untuk melakukan aktivitas. Selain itu, kemampuan koordinasi tubuh juga semakin meningkat secara bertahap. Anda bisa membantu mengoptimalkan perkembangan fisik anak usia 1-2 tahun dengan beberapa stimulasi berikut ini:

Mengajak Anak Berjalan-jalan

Anak usia 1 tahun biasanya sudah mulai bisa melangkah satu atau dua langkah. Meskipun mereka belum bisa berjalan dengan baik, Anda bisa mengajak mereka berjalan-jalan cukup di sekitar rumah saja. Biarkan mereka berjongkok untuk mengambil benda yang ada di lantai atau tanah.

Berlatih Melangkah Naik

Mereka sudah biasa melangkah lurus ke depan atau ke samping. Kini saatnya Anda mengajari Si Kecil melangkah naik. Contohnya yaitu naik ke tanggal yang kecil atau naik ke trotoar. Pastikan Anda melakukan pengawasan penuh pada anak. Biasanya anak usia 18 bulan sudah bisa melakukannya.

Bermain Rintangan

Tips mengoptimalkan perkembangan fisik anak selanjutnya yaitu mengajak bermain rintangan. Anda bisa menempatkan mainan favorit mereka di ujung. Buat rintangan yang aman hingga menuju mainan tersebut. Biarkan mereka melewati rintangan dan mendapatkan mainannya.

Berlatih Berjalan di Permukaan Berbeda

Permukaan yang berbeda bisa membantu perkembangan fisik motorik anak. Biarkan Si Kecil mencoba berjalan di permukaan yang berbeda. Contohnya yaitu pasir, rumput, dan juga lantai.

Latihan Naik Sofa atau Tempat Tidur

Tips terakhir yaitu membiarkan Si Kecil untuk naik sofa dan tempat tidur sendiri. Karena masih cukup berbahaya, Si Kecil harus ada pada pengawasan Anda. Jadi Anda bisa langsung menangkap anak apabila mereka kehilangan keseimbangan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mengoptimalkan perkembangan fisik anak usia 1-2 tahun. Kemampuan Si Kecil bisa maksimal jika Anda juga menyediakan makanan yang bergizi. Lengkapi makanan bergizi tersebut dengan susu pertumbuhan untuk anak mulai usia 1 tahun yaitu Nestle Dancow Nutritods 1+. Berikan sekitar dua hingga tiga gelas sehari atau sesuai kebutuhannya. Susu tersebut memiliki kandungan lengkap sesuai kebutuhan anak usia 1-2 tahun. Dapatkan Nestle Dancow Nutritods 1+ di toko kesayangan Anda.

No comments

Post a Comment