Tips Merawat Model Kalung Emas Kekinian Agar Tetap Berkilau

Tahukah Anda bahwa ada banyak faktor yang dapat menyebabkan perhiasan emas berlian Anda tampak kusam? Ya, hal tersebut tentu saja akan membuat penampilan perhiasan tampak menjadi kurang menarik. Namun jangan khawatir, karena hal tersebut bisa diatasi dengan mudah, contohnya kusam pada model kalung emas kekinian yang bisa Anda atasi dengan beberapa tips yang akan kami bahas disini.

Sebenarnya tidak sulit untuk merawat perhiasan kalung emas terbaru model emas dan berlian. Penasaran ingin tahu apa saja tips-tipsnya? Berikut ini kami akan coba menjelaskan kepada Anda bagaimana cara merawat perhiasan emas agar tetap berkilau dan seperti baru.

1.  Simpan di Kotak Khusus Untuk Perhiasan

Perhiasan emas berlian tidak boleh disimpan sembarangan. Anda tidak boleh menyimpanya begitu saja di dalam lemari maupun laci tanpa dimasukkan ke dalam kotak khusus terlebih dahulu.

Jangan pernah meletakkan perhiasan Anda bersamaan dengan barang-barang yang lain. Terutama menyatukan dua atau lebih perhiasan berlian di dalam satu tempat yang sama.

Pilihlah kotak khusus untuk perhiasan. Biasanya kotak khusus untuk perhiasan terbuat dari kayu dan di dalamnya terdapat sebuah kain. Kotak perhiasan tidak boleh terbuat dari material logam karena rentan korosi yang berpengaruh pada kualitas perhiasan.

2.  Bersihkan Emas dan Berlian Secara Berkala

Alangkah baiknya Anda menggunakan cairan khusus pembersih perhiasan saat merawatnya sendiri di rumah. Jangan pernah menggunakan sabun-sabun yang ada di rumah untuk membersihkannya. Pasalnya, berlian tergolong sensitif dengan bahan-bahan sabung yang ada di rumah dan akan membuatnya kusam.

Di lain sisi, berlian juga sensitif dengan kandungan klorin yang umumnya terdapat pada produk-produk sabun. Akan tetapi, lain hanya dengan emas yang masih memiliki toleransi terhadap beberapa sabun untuk membersihkannya, namun sayangnya, untuk emas yang digabungkan dengan berlian, tentu saja akan sulit untuk membersihkannya dengan sabun karena berlian sensitif terhadap sabun.

3.  Lepas Kalung Emas Berlian Pada Aktivitas Tertentu

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, berlian sangat sensitif dengan cairan klorin. Cairan tersebut dapat mengikis kilau cantik berlian yang Anda miliki. Maka dari itu, lepas perhiasan berlian Anda pada saat melakukan aktivitas bersih-bersih di rumah, contohnya seperti mencuci piring, maupun saat mencuci baju.

Klorin juga biasanya terdapat pada beberapa produk deterjen. Jadi, pastikan Anda melepaskan perhiasan emas berlian Anda pada saat melakukan aktivitas bersih-bersih dengan menggunakan cairan sabun di rumah.

Selain itu, lepas juga berlian sebelum Anda menggunakan parfum maupun lotion. Pasalnya, cairan kimia dari produk-produk kecantikan maupun perawatan juga dapat menyebabkan berlian menjadi kusam karena tertutup oleh cairan-cairan tersebut.

4.  Gunakan Kain Lap Khusus Perhiasan

Seorang pemilik atau kolektor perhiasan wajib memiliki lap khusus perhiasan. Lap ini diperuntukkan khusus untuk mengelap atau membersihkan perhiasan, khususnya untuk perhiasan yang biasa Anda gunakan sehari-hari.

Fungsi lap untuk untuk menjaga perhiasan Anda tetap bersih dari kotoran-kotoran maupun debu yang menempel. Kotoran dan debu ini bisa menjadi salah satu penyebab kenapa perhiasan Anda tampak kusam dan tidak menarik.

Kesimpulan

Perhiasan emas berlian yang sering digunakan rentan terhadap kotoran dan cairan kimia yang menempel sehingga menyebabkan perhiasan tersebut kusam. Maka dari itu, seorang pemilik perhiasan wajib untuk membersihkannya secara berkala dan merawatnya secara rutin.

Demikian informasi seputar tips merawat model kalung emas kekinian agar perhiasan Anda tetap berkilau layaknya perhiasan baru. Nah, bagi Anda yang ingin membeli kalung emas berlian berkualitas jempolan, percayakan saja hanya kepada Miss Mondial & Mondial.

No comments

Post a Comment