Strategi Komunikasi Integrated Marketing Agency untuk Bisnis Anda


Apakah Anda pernah mendengar istilah integrated marketing agency atau agensi pemasaran terintegrasi? Secara sederhana, agensi ini menawarkan layanan yang lengkap dan menyeluruh. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan jasa agensi lain seperti social media agency, creative agency, dan lain sebagainya. Semua layanan sudah ada pada satu agensi saja.

Adanya agensi pemasaran terintegrasi tentu saja menjadi solusi untuk bisnis yang menginginkan berbagai jenis pemasaran. Layanan yang ditawarkan biasanya berupa penulisan, desain, penerbitan, promosi, hingga marketing communication. Koordinasi berbagai jenis pemasaran akan lebih efektif karena Anda hanya berkolaborasi dengan satu agensi saja.

Marketing communication merupakan salah satu layanan atau jasa yang paling sering dipakai dari agensi pemasaran terintegrasi. Strategi yang tepat dalam komunikasi bisa membantu bisnis Anda berkembang dengan pesat. Marketing communication sendiri adalah upaya mengkomunikasikan pesan produk atau jasa pada konsumen atau calon konsumen. Lantas, bagaimana strategi komunikasi yang dijalankan? Simak di sini!

Strategi Komunikasi Integrated Marketing Agency untuk Bisnis Anda

Langsung saja, berikut ini adalah strategi komunikasi yang dilakukan oleh agensi untuk sebuah brand:

1. Target Pasar yang Jelas

Salah satu hal terpenting dalam menjalankan marketing communication yaitu memiliki target pasar yang jelas. Jika target pasar anda belum jelas, maka sulit untuk melakukan marketing communication karena tujuannya tidak ada. 

Target pasar yang jelas bisa ditentukan dari demografinya. Misalnya seperti latar belakang pendidikan, pekerjaan, kelas ekonomi, usia, dan lain sebagainya. Memiliki target pasar yang jelas memudahkan agensi dalam menyampaikan pesan pada penerima.

2. Memilih Saluran Pemasaran yang Sesuai

Ada banyak saluran pemasaran yang bisa digunakan untuk marketing communication. Setiap saluran pemasaran memiliki karakteristik pengguna yang berbeda-beda. Meskipun pesan atau ajakan dalam marketing communication bagus, jika tempatnya salah, maka hasilnya tidak akan maksimal. 

Oleh sebab itu, agensi perlu memilih saluran pemasaran yang tepat. Agar hasilnya lebih maksimal, biasanya agensi pemasaran terintegrasi akan memanfaatkan beberapa channel sekaligus. Menguntungkannya, integrated marketing agency bisa menyampaikan pesan yang sama meskipun menggunakan channel yang berbeda. Jadi, pelanggan bisa menerima pesan yang konsisten.

3. Menentukan USP Produk

USP atau unique selling points adalah keunikan dan kelebihan produk Anda dibandingkan kompetitor. Agensi akan membantu menentukan USP dari sebuah produk berdasarkan informasi dari klien. Nantinya, USP inilah yang akan ditonjolkan dalam menyampaikan pesan pada pelanggan. Adanya USP menjadi solusi bagi pelanggan untuk memakai produk Anda.

4. Menyesuaikan Konten dengan Target Pasar

Agensi akan berusaha mengenali dan memahami karakteristik target pasar untuk menyesuaikan dengan konten yang akan dibuat. Pasalnya, konten yang tidak sesuai target pasar biasanya tidak akan dilirik. Agensi memberikan solusi dengan membuat konten sesuai target pasar produk Anda.

IDEOWORKS, Agensi Terbaik yang Bisa Anda Pilih

Belum banyak integrated marketing agency yang bisa Anda temukan di Indonesia. Namun tenang saja, IDEOWORKS adalah salah satu agensi terbaik yang selalu menawarkan layanan terbaik untuk semua klien. Agensi berbasis digital ini berlokasi di Jakarta, namun bisa berkolaborasi dengan brand atau pebisnis dari mana saja.

Berdiri sejak tahun 2012, membuat agensi ini memiliki pengalaman yang banyak dalam berbagai bidang yang ditawarkan. Lebih dari 3000 perusahaan dari berbagai skala yang bekerja sama. Anda harus menjadi salah satu yang sukses bersama IDEOWORKS.

Layanannya lengkap mulai dari layanan kreatif, pemasaran media sosial, marketing communication, dan lain sebagainya. Sebelum bekerja sama, Anda bisa berkonsultasi dengan tim secara online ataupun offline. Yuk, hubungi tim sekarang juga untuk melakukan konsultasi!


No comments

Post a Comment