Beberapa Contoh Panel Listrik Untuk pabrik

Dalam setiap proses produksi dalam suatu pabrik yang namanya listrik pasti sangat berguna dalam menjalankan produksi tersebut. Namun kesulitan dalam mengontrol atau adanya daya beban-beban yang berlebih dalam pengggunaanya sering sekali menjadikannya sangat berbahaya karena bisa juga menjadikan suatu dampak kebakaran. Untuk itu dalam penggunaan listrik di pabrik untuk suatu produksi maka penggunaan panel listrik pabrik menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting. 
Panel listrik atau suatu sususnan peralatan komponen listrik yang dirangkai sedemikian rupa dalam suatu papan control (board). Manfaat dengan adanya panel listrik ini menjadikan rangkaian listrik yang saling berkaitan dan membentuk suatu fungsi sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Dalam penggunaan panel listrik pabrik maka akan mudah dalam mengatur bagaimana listrik yang digunakan menurut kebutuhan beserta kegunaannya. Danberikut ini beberapa dari contoh panel listrik yang bisa digunakan untuk pabrik-pabrik : 

1.  Motor starter panel. 
Panel seperti ini dalam fungsinya bermanfat dalam mengoperasikan berbagai motor-motor listrik yang biasa meliputi kegiatan awal dalam penghidupan, seperti running dan stoping. Untuk menunjang akan motor starter panel ini biasanya dilengkapi dengan proteksi yang disesuaikan dengan kebutuhan sepeti overload relay, circuit breaker dan yang lainnya. 

2.  Generator control panel. 
Disetiap pabrik tentunya memiliki generator sebagai pengatur dalam kelistrikan jika sewaktu-waktu matinya sumber listrik dari PLN. Untuk mengamankan generator ini maka panel listrik diperlukan dalam mengoperasikan generator yang bisa meliputi starting, running, stoping, emergency stop dan dilengkapi dengan proteksi juga monitoring terhadap diesel engine maupun terhadap generator sendiri. 

3.  AMF dan ATS Panel. 
Selanjutnya panel yang bisa juga digunakan dalam penggunaan pabrik yaitu panel AMF dan ATS panel. Panel ini secara system mempunyai fungsi dalam mengontrol otomatic terhadap generator dan juga mains power yang dapat membaca dan mengontrol parameter listrik, serta control dan proteksi. Dalam penggunaan panel ini yang menjadi komponen utamanya yaitu modul kontrol yang berisi program-program dalam menjalankan suatu system secara menyeluruh. Dengan berbagai manfaat yang beragam maka panel ini sangat cocok untuk digunakan sebagai panel listrik dalam suatu pabrik atau juga rumah sakit.

Comments

Popular Posts