Ketahui Patokan Usia Anak Bicara Sejak Dini

Menjadi orang tua baru, terkadang mengkhawatirkan beberapa hal jika buah hatinya berbeda dengan anak sebayanya. Maklum, namanya juga masih baru! Makanya belum punya pengalaman apa pun. Salah satunya adalah jika anaknya terlambat bicara. Meskipun perkembangan visual setiap anak berbeda, penting untuk mengetahui ciri anak tidak bisa bicara atau terlambat bicara. 

Orang tua harus mengetahui lebih dahulu bahwa perkembangan visual pada anak sudah berkembang sejak dini. Dimana cara belajar anak dimulai dengan mendengar, melihat, dan meniru orang disekitarnya. Ciri anak tidak bisa bicara bisa disebabkan oleh beberapa faktor.  Misalnya ada gangguan pendengaran, autisme, kecacatan intelektual, dan beberapa masalah psikososial. Supaya tidak membingungkan orang tua, berikut patokan kemampuan anak berbicara sesuai dengan usianya.


1. Usia 3 bulan

Bayi mulai mengeluarkan beberapa bunyi pada usia 3 bulan. Meskipun tidak memiliki arti, dan sering dikatakan sebagai bahasa bayi. Sebagai orang tua, perlu untuk memahami arti tangisan bayi. Karena pada usia ini, bayi mulai menangis dengan kebutuhan yang berbeda. Bayi juha mulai belajar mengenali, mendengar, dan mulai memperhatikan wajah yang mengajaknya bicara. 

2. Usia 6 bulan

Pada usia ini, bayi mulai mengeluarkan suara yang berbeda dan lebih jelas suku katanya. Meskipun kata-kata tersebut tidak memiliki arti. Selain bersuara, bayi mulai bisa mengekspresikan kondisinya ketika senang dan sedih. Menoleh ketika namanya dipanggil, dan melihat arah sumber suara. 

3. Usia 12 bulan

Usia 12 bulan, bayi sudah bisa mengeluarkan beberapa kata. Misalnya Mama, papa, atau mamam. Pada usia ini juga bisa memahami suatu perintah, seperti "ambil bolanya", "tangkap bolanya". Selain itu, bayi juga sudah memahami beberapa nama benda. Contohnya bola, botol, mobil-mobilan, dan lain sebagainya.

4. Usia 18 bulan

Bayi mulai bisa mengucapkan kata-kata berulang seperti yang orang tuanya ucapkan. Di usia ini, bayi juga sudah mulai bisa mengucapkan minimal sepuluh kata dasar.  Dan masih dikatakan normal jika beberapa kata tersebut belum bisa diucapkan dengan jelas. Bayi juga mulai pintar menunjukkan benda yang akan disebutkan oleh orang tuanya. 

Itulah patokan kemampuan bicara pada anak. Yang perlu diwaspadai oleh orang tua, jika anaknya belum bisa bicara ketika menginjak usia 2 tahun. Belum bisa menggabungkan dua kata sederhana atau belum mengerti kata perintah sederhana. Jika terjadi, segera bawa ke dokter untuk dikonsultasikan. Karena bisa jadi termasuk ciri anak tidak bisa bicara.   Lakukan pengecekan sejak usia dini ketika melihat kejanggalan pada Si Kecil. 


No comments

Post a Comment