Ciri-Ciri Kalung Berlian Asli yang Wajib Diketahui Pemula



Baru pertama kali membeli perhiasan berlian tapi bingung cara memilih kalung berlian asli yang benar-benar terjamin keaslian dan juga kualitasnya? Jangan khawatir, kami di sini akan membantu Anda untuk mendapatkan model yang tepat dan juga berlian yang sempurna, baik secara keaslian maupun kualitasnya.

Memilih perhiasan berlian tidak boleh terburu-buru. Ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan agar model perhiasan yang Anda gunakan terlihat bagus dan tentunya berkualitas. Maka dari itu, Anda harus tahu ciri-cirinya terlebih dahulu.

Kriteria Kalung Berlian Asli

Anda tidak perlu menjadi seorang ahli untuk menentukan dan mengetahui keaslian berlian karena sebenarnya, untuk mengetahui keasliannya kini tidak terlalu sulit untuk diproses. Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang dapat membantu Anda menentukan apakah sebuah kalung berlian merupakan asli atau palsu:

1.   Memperhatikan Girdle

Dalam memilih kalung berlian asli, pertama-tama Anda perhatikan cincin di sekeliling batu berlian. Karena cincin pada kalung ini bisa membantu Anda untuk mengetahui keaslian dari sebuah kalung yang dihiasi dengan berlian asli.

Kalung dengan berlian asli pada umumnya menggunakan atau memiliki cincin di sekeliling batu yang disebut "girdle". Cincin ini terbuat dari logam yang sama dengan pengait kalung dan harus terlihat jelas.

2.   Refleksi Cahaya dari Berlian

Salah satu alasan kenapa berlian bisa terlihat berkilau yaitu karena bisa memantulkan cahaya. Semakin bagus kalung berlian tersebut, maka tentu saja akan semakin bagus kilau dari berlian yang Anda gunakan.

Kalung dengan berlian asli akan memantulkan cahaya dengan indah dan terang. Jika Anda menemukan sebuah kalung yang tidak memantulkan cahaya dengan baik, itu mungkin bukan berlian asli.

3.   Ketajaman Berlian

Sharpnes atau ketajaman pada sebuah berlian merupakan salah satu aspek yang tidak kalah penting dalam menilai sebuah berlian. Ketajaman juga menentukan keindahannya.

Batu berlian asli akan memiliki sisi-sisi yang tajam dan jelas. Jika Anda melihat sisi-sisi yang buram atau tumpul, itu mungkin bukan berlian asli.

4.   Warna Berlian

Semakin bagus suatu berlian, maka warnanya pun akan semakin menawan. Kalung berlian yang punya warna menawan adalah salah satu rekomendasi berlian yang paling bagus untuk Anda yang membutuhkannya.

Berlian asli biasanya memiliki warna yang jelas dan terang, seperti warna biru, hijau, atau merah. Jika Anda melihat warna-warna aneh atau tidak biasa, itu mungkin bukan berlian asli.

5.   Berat Berlian

Istilah untuk berat berlian yaitu dikenal dengan sebutan karat. Semakin besar nilai karatnya, maka semakin besar dan juga berat berlian tersebut.

Berlian yang asli memiliki berat yang lebih besar dibandingkan dengan batu-batu lain yang terlihat sama. Jika Anda merasa bahwa kalung terasa terlalu ringan, itu mungkin bukan berlian asli.

6.   Harga Berlian

Harga berlian asli berbeda dengan yang palsu. Untuk jenis berlian palsu biasanya ditawarkan dengan harga yang relatif murah sekali. Bahkan jauh lebih murah dibandingkan dengan yang asli. Harganya juga bisa menjadi salah satu hal yang bisa Anda jadikan sebagai ciri-ciri keasliannya.

Berlian asli biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan batu-batu lain yang terlihat sama. Jika Anda menemukan sebuah kalung yang dijual dengan harga yang sangat rendah, itu mungkin bukan berlian asli.

Anda juga bisa meminta rekomendasi dari toko atau brand perhiasan yang Anda pilih untuk membelinya. Carilah berlian hanya di brand ternama seperti Mondial yang menyediakan kalung berlian asli dan juga berkualitas.

No comments

Post a Comment